Header Ads

LightBlog

Tuesday 3 January 2012

Tips Service

Saat ini kita akan membahas mengenai cara bagaimana menempatkan service yang baik. Untuk memudahkan menempatkan service yang baik maka dapat menggunakan alat bantu berupa lingkaran hulahoop, dengan cara menyimpannya di tengah-tengah meja. Lakukan service tanpa menyentuh atau memasuki lingkaran, arahkan service ke kiri dan ke kanan, usahkan service sependek dan secepat mungkin. Variasi service dapat kita ubah-ubah dengan menggunakan backspin (chop), side spin (putaran samping) ataupun side back spin (putaran samping dengan chop). untuk lebih memaksimalkan latihan gunakan bola banyak.

Service yang kita gunakan dapat berupa service pendek maupun panjang, kali ini akan dibahas mengenai service panjang. Syarat menggunakan service panjang adalah service yang dihasilkan berupa service di ujung meja dengan kecepatan tinggi sehingga membuat lawan kaget dan merasa kesulitan.


Service panjang tidak akan efektif jika service yang dihasilkan panjangnya tanggung, kecepatannya rendah serta bolanya tinggi, dengan service seperti itu akan memudahkan lawan melakukan serangan.

Untuk memudahkan kita melakukan latihan service panjang  maka diperlukan beberapa alat bantu berupa tali dan wadah minum plastik. Peralatan ini mudah didapat dan dicari di sekitar kita.

Caranya tali dilintangkan di tengah tengah meja, hal ini agar service yang dihasilkan tidak memasuki daerah sebelah dalam tali. Kemudian wadah minum plastik di simpan di ujung meja. Letak dari wadah tersebut diatur sedemikian rupa disesuaikan dengan keinginan kita kemana arah bola yang akan kita tuju.

Ketika melakukan service gunakan kecepatan pergelangan tangan untuk menambah kecepatan bola. Jatuhkan bola di daerah lawan sebelah luar tali yang melintang dan kenakan bola pada wadah  plastik tersebut.
Lakukan latihan dengan berulang-ulang dengan menggunakan bola banyak.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar

Salah satu service yang mematikan adalah dengan menggunakan service menyamping dengan chop, service ini dilakukan dengan cara memukul bola secara menyamping dengan menggunakan chop. Saat bola dipukul, usahakan mengenai ujung bet dengan menggunakan kekuatan pergelangan tangan untuk menggesek bola. Untuk mempercepat penguasaan teknik ini dapat menggunakan botol di tengah lapangan. Bola yang diservice  diarahkan agar memutar botol yang berada di tengah dan kembali ke arah yang melakukan service. Jika bola memutar botol tersebut berarti  kita telah melakukan dengan baik service tersebut.


Ketinggian merupakan hal yang utama ketika kita melakukan servis.

Ketika kita melakukan sevice, terutama  service yang pendek, maka ketinggian service sangatlah menentukan. Jika service yang diberika terlampau tinggi, maka dengan mudah lawan akan melakukan serangan balasan dengan menggunakan flip/flick, hal ini  akan menyulitkan kita pada permainan selanjutnya, atau bahkan mematikan permainan kita. Untuk itu, ketika kita melakukan service diperlukan ketinggian yang seminimal mungkin agar lawan kesulitan dalam menerimanya.

Cara untuk mengatur ketinggian service adalah dengan melatih terknik service. Caranya yaitu dengan memberi penghalang di atas net (kira-kira setinggi jarak antara penghalang dan net  1 sampai 2 kali tinggi net). Dengan memberi penghalang ini maka kita dapat berlatih mengatur ketinggian service. Bola yang diservice melewati antara penghalang dengan net. Untuk mempercepat menguasai cara service ini maka dapat dilakukan dengan menggunakan bola banyak. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar di bawah bagaimana kita melakukan proses tersebut.


Memberikan service yang sesuai dengan yang diharapkan merupakan hal penting ketika dalam permainan baik ketika sedang bermain tunggal maupun ketika bermain ganda.

Tips berikut ini adalah untuk mengatur bagaimana mengatur panjang pendeknya service yang diberikan kepada lawan. Untuk memudahkan kita mengatur hal tersebut maka salah satu caranya adalah mengatur penempatan bola pertama di meja sendiri ketika melakukan service.

Alat bantu yang dipersiapkan untuk melatih pengaturan service adalah sebuah tali yang dibentangkan ditengah-tengah meja.

1. Untuk melatih memberikan bola panjang, maka ketika service bola dipantulkan di bagian belakang tali.

2. Untuk memberikan bola pendek kepada lawan, maka bola pertama dipatulkan diseberang tali dekat net.

Tips ini untuk membantu Anda dalam melakukan service dengan mengatur panjang pendeknya. Kadang-kadang pemain yang sudah berpengalaman dapat melakukan service pendek dengan memberikan bola pertamanya tidak perlu di dekat net, melainkan di bagian belakang mejanya atau di belakang tali. Kuncinya berlatih sesering mungkin.

Posting By Housne

No comments:

Post a Comment